Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mempublikasi Hasil Karya di Platform Guru Belajar dan Berbagi Kemendikbud

Cara Mempublikasi Hasil Karya di Platform Guru Belajar dan Berbagi Kemendikbud

Selain mengembangkan komptensi profesional guru juga harus mampu mampu mengembangkan kompetensi pedagodi khususnya dalam pembuatan rencana pembelajaran atau modul ajar yang berguna untuk evaluasi demi perbaikan-perbaikan pada proses pembelajaran.

Di era digital ini di Indonesia melalui Kemendikbudristek telah menyediakan platform guru berbagi untuk saling berbagi informasi khusus dalam administrasi dan perangkat pembelajaran. Hal ini tentu akan memudahkan pencarian informasi baru yang dapat berguna bagi para guru di Indonesia.

Bagi para guru yang ingin menerbitkan, menulis atau mempublikasin hasil karyanya maka platform guru belajar dan berbagi bisa menjadi salah satu wadah yang dimanfaatkan untuk pengembangan diri dan berbagi informasi.

Ada beberapa syarat yang harus di penuhi agar guru bisa mempublikasikan hasil karya, tidak sembarang orang bisa menggunakan platform tersebut. Tentunya harus memiliki akun SIMPKB terlebih dahulu setelah itu gur bisa mengakses platform tersebut dan mulai menulis atau mempublikasikan hasil karya.

Berikut cara mempublikasin hasil karya berupa perangkat ajar, artikel refleksi, artikel bacaan dan tips di platform guru belajar dan berbagi kemendikbud:

1. Guru harus masuk ke dalam dashbord guru berbagi kemudian pilih ikut berbagi setelah kemudian platform akan mengarahkannya ke platform khsusus kaun simpkb


2. Guru bisa mempublikasikan karyanya dan terdapat 2 jenis publikasi yaitu untuk Perangkat ajar dan Artikel. Guru bisa memilih apakah ingin berbagi perangkat ajar atau artikel.

3. Guru apabila ingin mempublikasikan Perangkat Ajar maka pilih RPP dengan mengklik bagian RPP maka akan muncul tampilan sebagai berikut:


4. Klik setuju jika sudah membaca standar operasional prosedur lalu guru akan diarahkan untuk mulai menulis dan mengupload perangkat ajar atau RPP.


 5. Guru melengkapi data Rencana Pelaksanaan pembalajaran atau RPP dan bisa mengupload gambar yang ukuran maskimalnya 1 MB yang sesuai dengan SOP yaitu tidak boleh mengandung unsur sara, pronografi dan lainnya. Jika tidak mengupload gambar maka platform sudah menyediakan gambar standard.


6. Guru kemudian mengisi form kosong yang tersedia diantaranya Judul RPP, Jenis RPP dan Deskripsi RPP untuk jenjang, tingkatan dan mata pelajaran sebagai identitas perangkat ajar guru.


7. masukan kata kunci yang bisa dipilih dengan mengklik kolom kosong di bawah kata kunci, guru juga bisa mengisi sendiri kata kunci yang bisa dipakai untuk pencarian agar RPPnya di temukan dalam platform guru berbagi.

8. Setelah itu upload RPP yang ingin dipublikasikan dengan kapasitas maksimal 10 MB dengan format file Pdf. Kemudian centang kolom kotak kecil dan klik menu simpan.


9. Setalah klik simpan kemudian platform guru berbagi akan mengarahkan ke halaman menu daftar RPP yang sudah di publikasikan. Guru harus menunggu singkronisasi agar publikasinya bisa terbit di Platform guru belajar dan berbagi.


10. setelah RPP sudah dipublikasikan maka perangkat RPP sudah bisa dibagikan dan dapat diunduh oleh guru lain yang mencari informasi tentang RPP di platform guru belajar dan berbagi kemendikbud. 

Semoga artikel bermanfaat terimakasih.

Penulis: Eko Permana, S.Pd.

close