Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Data Guru Dapodik Tidak Sesuai Dukcapil Pada SSCN PPPK Guru

Serguruku.com Halo para pejuang NIK pada kesempatan kali ini mimin akan memberikan informasi untuk kamu yang lagi galau karena berbagai macam kendala atau masalah terkait pendfataran P3k guru atau calon ASN PPPK Guru pada portal SSCN BKN.

Data Dapodik Tidak Ditemukan PPPK Guru SSCN

Ada berbagai macam masalah yang dihadapi oleh guru horoner mulai dari memang sudah terdaftar di DAPODIK akan tetapi di portasl SSCN di bagian Jenis seleksi PPPK Guru malah ada keterangan anda tidak terdaftrar di Dapodik padahal sudah valid dan sudah verval di info GTK Kemendikbud. 

Kemudian ada beberapa data yang menang tidak sesuai NIK dengan data didapodik sehingga masalah seperti ini membuat kita bingung dan akibatnya tidak bisa mendaftar P3K karena data di didukcapil berbeda dengan data dapodik.

Ada juga yang mempertanyakan masalah status baik KTP atau KK yang memang belum terupdate. lalu yang terbaru adalah jatah kuota formasi guru yang tiba-tiba hilang dan bisa lagi mendaftar di sekolah induk yang kita tuju.

Mungkin sedikit dianatara yang bisa mimin jelaskan diatas permasalahan yang mungkin kalian hadapi. Ini merupakan sesuatu hal yang bisa dibilang butuh kesebaran tingkat tinggi hanya untuk bisa daftar PPPK guru di SSCN.

Oke mimin membahasa hal pertama menurut pengalaman mimin yang memang sempat terkendala masalah data guru ketika memilih jenis seleksi untuk jalur PPPK Guru selalu muncul anda tidak terdaftar di data dapodik.

Masalah itu terjadi hampir selama satu minggu lebih, mimin pikir itu merupakan sebuah gangguan jaringan server karena sudah menjadi kebiasaan bagi sekelas BKN melalui SSCN selalu ditahap awal adalah server yang lemot dan sulit diakses karena para pendaftar user yang terlalu banyak.

Pasti kalian juga ikut merasakan juga yang mengalami hal ini. Bangun pagi siang malam sore masih saja tetap sama selalu muncul keterangan seperti itu dan belum berubah. Sampai ahirnya mimin merasa panik, ya jelas panik kamu juga.

Sampai tibalah untuk mencoba melakukan pengaduan melalui helpdesk menu pengecekan PPPK Guru dan disuruh untuk mengisi data nama sampai upload ijazah dan setelah submit akhirnya mendapatkan nomor tiket.

Nomor tiket tersebut lalu kita gunakan kembali. kamu jangan sampai lupa nomor tiket yang sudah didapatkan untuk mengecek apakah pesan tersebut mendapatkan balasan atau tidak. Sampai akhirnya sudah 3 hari belum juga mendapatkan balasan dari Helpdesk SSCN.

Tapi untungnya mimin tidak menyerah karena sambil melakukan pengaduan mmin selalu ontime dan pantau terus login logout hanya untuk mengecek jenis formasi PPPK guru dan pada suatu ketika akhirnya muncul juga data dari Dapodik dan bisa memilih formasi hingga pada akhir resume.

Disini mimin mengambil sebuah kesimpulan bahwa memang benar data pada server Dapodik itu selalu padat dan kadang juga error tidak bisa mengmabil data dapodik. Lalu bagaimana dengan balasan Helpdesk SSCN? ya alhamdulillah sampai artikel ini dibuat belum juga dibalas.

Tapi mimin bersyukur akhirnya bisa daftar PPPK Guru, dan bagi kamu juga tetap berjuang dan selalu pantau login dan logout bila perlu sampai batas akhir pendaftaran SSCN yaitu sebagian besar berakhir pada tanggal 21 juli 2021.

Yang kedua masalah NIK tidak ditemukan atau tidakvsesuai antara Dapodik dengan Dukcapil pada portal SSCN. Solusinya adalah kamu buka infoGTKkemendikbud. dan lakukan update data karena hari ini di info gtk kamu bisa update data kamu untuk diperbarui untuk bisa daftar PPPK.

Namun sebelum itu bila kamu menemukan kendala tidak update kamu bisa minta tolong operator dapodik sekolah untuk memperbarui data NIK sebelum diupdate pada info GTK. Jangan sampai ketinggalan update.

Kemudian masalah status di KTP atau KK yang menjadi pertanyaan juga apakah akan bermasalah? sebenarnya tidak jadi kamu harus menggunakan data update terakhir saja misalkan kamu di ktp belum kawin atau menikah tapi kamu punya ktp lagi sudah status menikah maka nanti gunakan ktp yang sudah menikah atau data terupdate.

Kemudian masalah Formasi Guru yang tiba-tiba hilang ini juga masih menjadi pertanyaan mimin karena beberapa teman-teman mimin tikda memilih formasi pada sekolah induk di PPPK Guru. Malah hilang dan tidak bisa mendaftar di sekolah induk.

Akhirnya lebih memilih mendaftar di sekolah lain atau bukan induk hal ini tentu akibat dari susahnya daftar atau telat daftar karena kita mungkin terlalu santai dan ketika daftar justru yang harusnya sekolah induk malah hilang.

Nah mungkin itu saja yang bisa mimin berikan infromasi mengenai PPPK GURU kali ini, nanti update lagi....

close