Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kemendikbud Beri Kuota Internet Gratis Untuk Siswa dan Guru

Beredar kabar bahwa Kemendikbud melalui menterinya yaitu Nadiem Makarim akan memberikan kuota gratis melalui program pemberian kuota internet untuk siswa atau pelajar dan guru selama 4 bulan. Kira-kira bagaimana ya cara mendapatkan kuota gratis Mendikbud selama 4 bulan tersebut?



Menurut sumber dari cnbcindonesia kuota gratis dari Mendikbud merupakan program baru yang merelokasi anggaran dari program penggerak ke penyediaan kuota internet untuk kalangan akademisi baik itu siswa dan guru atau mahasiswa dan dosen.

Kuota gratis internet ini tentunya berbeda-beda. Untuk siswa akan mendapatkan kuota dengan jumlah 35 GB sedangkan untuk Guru 42 GB. Sementara itu untuk kelas mahasiswa dan dosen memiliki kuota gratis yang lebih besar dimana mahasiswa dan doens mendapatkan kuota 50 GB perbulan.

Namun perlu diketahui juga ada syarat yang harus di penuhi agar para siswa bisa mendapatkan kuota internet secara gratis tersebut. Para Satuan pendidikan harus mendata no handphone para siswanya untuk mendapatkan kuota gratis.

Kemendikbud menugaskan program pemberian kuota internet melalui satuan pendidikan dan menugaskan kepada seluruh kepala satuan pendidikan agar melengkapi nomor handphone untuk peserta didik yang aktif melalui aplikasi dapodik.

Kemendikbud melalui surat edaran memberikan batas waktu untuk pengumpulan data peserta didik sebelum tanggal 31 agutus 2020. Program pemberian kuota internet gratis merupakan salah satu solusi PJJ di masa pandemi.

Namun masih beberapa kendala dimana para peserta didik yang tidak mempunyai HP dan tentuya peserta didik yang masih mondok atau pesantren dimana mereka sebagian ada yang tidak boleh menggunakan handphone dan hanya waktu-waktu tertenu saja.


close