Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tulang Keropos Hingga Sakit Ginjal Bisa Terjadi Karena Minuman Ini


Usai berolahraga alangkah nikmatnya jika kita meneguk segelas minuman dingin, contohnya minuman bersoda. Namun dibalik segar dan nikmatnya minuman bersoda tersebut ternyata menyimpan beberapa risiko bagi kesehatan tubuh kita. Terlebih jika kita mengkonsumsinya secara terus menerus atau berlebihan.

Perlu anda ketahui, menurut dr. Kartika Mayasari dari Klikdokter bahwa di dalam minuman bersoda bahwa terkandung beberapa zat seperti: gula, kafein, asam fosfat, dan karbonat, serta bahan pengawet. Tentu saja hal ini dapat membahayakan janin. selain itu juga dapat meningkatkan beberapa risiko gangguan kesehatan, seperti:

1.Obesitas
Seperti yang diungkapkan oleh dr Kartika yang intinya bahwa terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda dapat menyebabkan kegemukan atau obesitas. Penyakit obesitas adalah kelebihan berat badan hingga 75 persen dari berat idealnya. Penyakit ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada kardiovaskular dan memicu penyakit diabetes. Hal ini disebabkan kandungan gula yang cukup tinggi pada minuman bersoda.

2. Menyebabkan tulang keropos

Perlu anda ketahui di dalam minuman ringan seperti soda mempunyai kadar asam fosfat yang tinggi. Hal ini dapat peningkatan asupan fosfor di dalam tubuh. Dan pada akhirnya dapat meningkatkan risiko menurunnya penyerapan kalsium ke dalam tubuh dan bahkan berdampak pada penurunan massa tulang. Dan tentu saja hal ini menjadi salah satu pemicu seseorang terkena osteoporosis imbuh dr Kartika, dilansir dari klikdokter

3. Penyakit ginjal

Tak sampai di situ ternyata terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda juga dapat menyebabkan penyakit ginjal. Seperti yang kami lansir dari jogja.tribunnews melaporkan bahwa menurut studi yang dilakukan oleh Harvard Medical School, menunjukkan bahwa minuman bersoda dapat menurunkan fungsi kerja dari organ ginjal hingga 2 kali lipat. Studi ini dilakukan pada 3.318 wanita dalam waktu selama 11 tahun lamanya.

Nah, itulah segelintir bahaya dari terlalu banyak mengkonsumsi minuman bersoda. Maka dari itu sikapi hal ini dengan bijak agar kesehatan kita tetap terjaga.
close