Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Transformasi Mata Rikudo Sennin Sharingan Ke Rinnegan

Rikudo sennin adalah seorang lagenda yang sangat terkenal dalam dunia shinobi yang memiliki nama asli otsusuki hagoromo. dia merupakan anak pertama dari otsusuki kaguya yang merupakan nenek moyang cakra dan hagoromo juga mempunyai seorang adik yang bernama otsusuki hamura.



Sang rikudo sennin muncul bersamaan pada saat kaguya dibangkitakan dalam serial naruto shippuden lalu memberikan kekuatan pada naruto yaitu cakra kekuatan cahaya dan kepada sasuke cakra kekuatan bayangan untuk menyegel kembali kaguya. Lalu sang rikudo bertemu dengan para hokage edo tensei yaitu senju hashrama, senju tobirama, sarutobi hiruzen dan minato dari situlah hagoromo memulai ceritanya tentang asal usul kaguya dan dirinya.

Salah satunya tentang perubahan matanya yang berubah menjadi sharingan dan rinnegan. Hagoromo sejak awal sudah memiliki garis keturunan atau kekkei genkai yang berasal dari ibunya yaitu otsusuki kaguya  dengan matanya Byakugan, mata asli hagoromo pertama.

Seiring berjalannya waktu bentuk mata hagoromo pun berubah dan inilah transformasi mata rikudo sennin yang disebabkan oleh 2 faktor ini, berikut penyebabnya:

1. Sharingan: Menjelang hagoromo dewasa dia mulai tertarik dengan wanita yang bernama haori, namun haori meniggal menyerahkan dirinya untuk ritual pohon suci. hal itu diketahui oleh hagoromo dan menuju pohon suci  bersama hamura. melihat haori mati didepan matanya akhirnya merubah mata rikudo dari byakugan menjadi sharingan dan merupakan sharingan pertama dalam dunia shinobi.

2.Rinnegan: Setelah mengetahui hal yang dilakukan ibunya adalah sebuah kesalahan yang membuat orang-orang menjadi tumbal ritual pohon suci. hagoromo mutuskan untuk bertarung dengan ibunya. menjelang pertarungan, hagoromo harus menghadapi adiknya dulu yang sudah diperdaya oleh kaguya untuk membunuh hagoromo.

Pertarungan kedua bersaudara pun tak terelakkan. berakhir dengan kemenangan hagoromo, dia pun sedih dan menangis adiknya sekarat dan mata hagoromo pun berubah dari sharingan menjadi rinnegan  yang merupakan mata terkuat dan tingkatan mata tertinggi hagoromo. akan tetapi Hamura yang sekarat akhirnya sembuh lalu sadar kembali berkat kertas cakra senjutsu dari katak gamamaru dan  ikut bertarung bersama hagoromo melawan kaguya dan berhasil menyegelnya.

Nah sudah tahu kan mengenai transformasi atau perubahan mata sang rikudo sennin dan penyebabnya . mungkin itulah asal usul dari kekuatan mata sharingan yang kemudian diturunkun kepada indra hingga pada akhirnya menjadi keturunan mata klan uchiha.
close