Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rekening Tabungan Bank BJB Tandamata Pasif 2 Tahun

Kurang begitu memahami tentang apa itu rekening bank aktif dan rekening bank pasif karena memang sebagai nasabah bank tidak pernah melakukan transaksi lebih dari 6 bulan. Hal itu bermula dari sebuah pembuatan rekening bank BJB pada tahun 2015 untuk penerimaan gaji dari sebuah pekerjaan sebagai Personal Trainer di Kota Bandung.



Sempat dibuatkan buku rekening bank secara kolektif dengan Bank BJB namun dengan segala keterbatasan dan kesibukan yang luar biasa sebagai mahasiswa. Membuat akun rekening tersebut lupa bahkan buku tabungan pun tidak pernah diterima. Akhirnya tidak tahu no rekening bank bahkan tidak punya buku tabungan

Memang saat itu mengalami sakit ditambah harus bolak balik cirebon bandung dengan tugas yang menumpuk sebagai mahasiswa tingkat akhir. Bahkan harus rela melepas pekerjaan sebagai personal trainer demi usaha memeluskan tugas akhir skripsi.

Sempat bingung waktu pembuatan rekening saya tidak mendapatkan buku tabungan bahkan gaji yang katanya ditransfer lewat rekening pun tidak penah saya dapat. Karena itu memang gaji pertama dengan menggunakan rekening bank BJB akan tetapi sudah terlebih dahulu resign sebelum menerima gaji terakhir.

Singkatnya setelah lulus dari mahasiswa sebagai seorang sarjana di bidang pendidikan kembali ke kampung halaman dan mempunyai pekerjaan sebagai tenaga honorer di salah satu sekolah negeri. Sempat terdengar kabar dengan adanya dana insentif untuk guru honorer dari pemerinah daerah dan disuruh untuk buka rekening bank dengan bank BJB oleh sekolah.

Kalau tidak salah masuk menjadi tenega honorer pada tahun 2017 dan melakukan pembuatan rekening tahun 2018. Saat itu pergi ke kantor cabang Bank BJB dan mulai melakukan proses buka rekening BJB dengan syarat setor 50ribu dan KTP serta isi biodata diri. Namun terkejut pihak Bank memberitahu bahwa sebelumnya pernah memiliki rekening BJB di Bandung.

Namun  peristiwa itu hampir lupa dan akhirnya bisa mengingat bahwa dulu sempat buka rekening bank BJB secara kolektif akan tetapi tidak pernah mendpatkan buku tabungan dan ATMnya mungkin karena tidak sempat mengambil dan lupa.

Pihak bank mengatakan jika tidak ada transaksi yang dilakukan oleh nasabah bank BJB selama lebih dari 6 bulan  maka rekening tersebut akan pasif dan tidak bisa digunakan lagi. Caranya harus di aktifkan kembali. Namun tidak terlalu mengerti dengan hal itu dan langsung saja mungkin dibuatkan rekening baru dengan no rekening lama karena tidak tahu.

Kejadian terulang kembali setelah pembuatan rekening sudah selesei akan tetapi dana insentif yang diberikan tidak pernah melalui bank BJB al hasil mubadzir lagi sampai tiba saatnya sekarang tahun 2020. Dengan adanya bencana virus corona pihak sekolah menghimbau untuk membuat rekening bank BJB untuk proses peneriman gaji guru honorer.

Tidak tahu apakah sekolah lain juga sama dengan buka rekening baru untuk tenaga guru honorer dalam penerimaan gaji yang akan di transfer via Bank BJB. Untungnya masih tersimpan rapi buku tabungan beserta ATM dan PIN. Meski begitu kejadian terulang lagi bahwa bank BJB Tandamata tidak pernah digunakan dari tahun 2018 sampai 2020. Jadi 2 Tahun tidak ada transaksi apapun selama 2 tahun dan kartu ATM pun baru digunakan pertama kainya kemarin.

Mencoba melakukan cek ATM dan mencari informasi di ATM akan tetapi kartu ATM debet BJB Tandamata langsung keluar mungkin sudah tidak bsia digunakan lagi. Saya hanya punya kartu ATM sedangkan buku tabungan ada di Cirebon dan malangnya terhalang oleh PSBB.

Mencoba mencari solusi dengan menggunakan kurir dan minta sodara untuk mengirim buku tabungan lewat kurir. Sebab untuk bisa melakukan transaksi kembali harus datang ke bank BJB dengan membawa ATM, KTP dan Buku tabungan sebagai syarat utama mengatasi masalah yang terjadi yaitu rekening Bank BJB Pasif.

Cerita Berlanjut  Klik Disini


close