Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hindari 2 Waktu Tidur Ini Untuk Tubuh Lebih Sehat Saat Puasa

Tidur merupakan sunnah manusia ditambah dibulan puasa dengan hanya tidur kita juga menerima pahala. Tidur juga merupakan salah satu obat ngantuk, lelah dan pulih kembali tubuh menjadi bugar. Seperti diketahui, tidur normal antara 6-8 jam perhari dan waktu yang paling tepat adalah malam hari yang direkomendasikan waktu untuk tidur yang tentu saja akan berdampak pada kesehatan yang lebih baik dibandingkan hanya digunakan unutk begadang pada malam hari.



Tubuh perlu recovery atau pemulihan yang cukup. di tambah kegiatan berpuasa memang tidur siang juga dianjurkan sebagai waktu istirahat yang harus dimanfaatkan. Akan tetapi kelebihan tidur juga akan membuat kita pusing dan lupa waktu. Ada baiknya untuk menghindari waktu tidur diwaktu berikut ini:

1. Tidur setelah shalat shubuh
Seperti pepatah mengatakan jangan tidur diwaktu pagi nanti rezeki dipatok ayam. Setiap pagi, waktu yang tepat untuk memulai aktivitas kerja, tidur setelah pagi tentu saja beresiko terhadap pekerjaan akibat bangun kesiangan.

Tidak sedikit orang berpuasa dibulan ramadan begitu selesai santap sahur dan shalat shubuh langsung tidur lagi. hal ini akan mempengaruhi pada masalah kesehatan pencernaan. Selain itu tidur diwaktu pagi setelah sahur akan membuat kita perlu tidur untuk beraktivitas karena hari sudah lebih baik siang saat bangun.

2. Tidur setelah ashar
waktu ashar adalah waktu dimana terjadi pergantian sore hari. Banyak orang mengatakan juga tidur diwaktu ini akan menyebabkan linglung hal ini juga dibalik dibulan ramadhan ini dan dapat diakses ashar memerlukan maghrib lebih asik digunakan untuk ngabuburit.

Bersama-teman-teman yang sedang mencari jalan santai galau pun jadi sudah bertambah jenuh menunggu berbuka. Bagi yang ingin mendapatkan pahala bisa kita lakukan tadarus al-quran dan buat yang suka olahraga waktu setelah ashar adalah waktu yang tepat untuk berolahraga tapi ingat jangan sampai berlebihan atur instensitas olahraganya.

Dua waktu tidur tersebut yang harus dihindari, jadi sudah tahu kan. Di bulan ramadan ini bulan yang penuh berkah, pahalanya yang meningkat berkali-kali lipat. Sayang sekali jika kita menghabiskan waktu berpuasa dengan tidur, tidur orangnya berpuasa itu pahala tentu memang baik.

Menggunakan waktu dengan aktivitas  seperti belajar memasak mecnoba menu buka puasa masakan anda. Bisa juga bagi para ASN yang work from agar waktu sorenya bisa untuk pekerjaan dan aktivitas positif lainya walaupun di tengah wabah corona. Akan lebih bagus kegiatan yang mendapatkan pahala yang lebih besar seperti membaca al-quran ikut kegiatan sosial seperti majelis ta'lim atau kegiatan amalan lainnya akan sangat bermanfaat untuk diri sendiri.
close