Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghemat Baterai Smartphone Android Tanpa Aplikasi

Di era serba canggih ini smartphone menjadi kebutuhan vital, berbagai aplikasi seperti media sosial, toko online, jelajah dunia internet, selfie dan komunikasi video call sudah menjadi tugas smartphone sehari-hari hal itu berdampak pada penggunaan baterai yang terus berkurang  akibat kinerja dari smartphone yang multi tasking.



Faktanya semakin banyak aplikasi yang terpakai semakin banyak pula konsumsi energi baterai yang menyebabkan smartphone cepat mati. Hal itu akan percuma saja bila menginstal aplikasi penghemat baterai tapi penggunaan multi tasking aplikasi tetap kita jalankan justru aplikasi penghemat betarai bisa menjadi boomerang bisa menguras baterai karena bekerja untuk menghemat baterai  smartphone itu sendiri. Maka dari itu harus pandai dan bijaksana dalam menghemat baterai smartphone agar tahan lama. Ada cara ampuh untuk menghemat baterai tanpa aplikasi diantaranya:

1. Mengurangi penggunaan baterai aplikasi
Buka aplikasi setelan. Pilih Baterai. Jika Anda tidak melihat opsi ini, geser ke bawah dan sentuh About phone lalu ketuk Battery use  atau penggunaan baterai. Pilih Penggunaan baterai jika Anda tidak melihat daftar aplikasi. Daftar aplikasi dan layanan dalam daftar penggunaan baterai  akan diurutkan berdasarkan jumlah baterai yang telah digunakan.

Ketuk item untuk melihat detail lebih lanjut. Rincian yang ditampilkan bervariasi bergantung pada smartphone anda. Paling umum, terlihat jumlah waktu jika aplikasi atau layanan telah aktif. Ketuk aplikasi dalam daftar untuk membuka detailnya.

Ketuk tombol Info aplikasi untuk membuka halaman aplikasi di pengelola aplikasi. Ketuk Copot pemasangan untuk menghapusnya. Hindari aplikasi pengoptimasi baterai sebab ada banyak aplikasi yang tersedia yang mengklaim mengoptimalkan masa pakai baterai dan memori padahal smartphone dirancang untuk memaksimalkan masa pakai baterai dengan secara otomatis menangguhkan aplikasi yang tidak digunakan.

2. Membatasi Penggunaan Baterai Sistem.
Mengatur kecerahan layar karena salah satu saluran baterai yang paling umum di perangkat smartphone adalah kecerahan layar. Berjalan pada 100% sepanjang waktu membuat layar mudah dilihat, tapi menguras baterai. Menurunkan kecerahan layar dan memastikan layar mati dengan cepat akan membantu menghemat banyak baterai. Buka aplikasi Setelan dan pilih tampilan.

Sentuh Brightness dan seret slider untuk mengatur kecerahan. Anda juga dapat mengakses slider ini dari panel Notifikasi, bergantung pada model smartphone anda. Matikan kecerahan otomatis agar ponsel dapat menurunkan kecerahan secara manual saat lampu rendah. Ini akan membantu menjaga kecerahan layar tetap rendah.

3. Mode Pesawat
Untuk disaat tertentu terutama dalam jangkauan sinyal yang jelek mode pesawat adalah yang paling tepat untuk menghemat baterai agar tahan lama dan alangkah lebih baik jika konektifitas tersebut anda matikan.

Dalam kondisi tertentu seperti pengaruh cuaca dingin atau berada pada daerah pedalaman yang minim sinyal mode lebih baik dimatikan karena konsumsi daya-nya semakin besar. Akan tetapi jika ingin tetap menggunakan internet alternatifnya bisa menggunakan Modem WiFi atau Hotspot Wifi daripada menggunakan mobile data 3G, H+, atau 4G karena lebih mengkonsumsi daya yang lebih rendah.
close