Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Hujan Meteor Eta Aquarid?

Apa itu hujan meteor Eta Aquarid? Menurut NASA, Eta Aquarids adalah potongan-potongan kecil batu yang jatuh dari Komet Halley, yang merupakan komet terkenal yang terlihat dari Bumi kira-kira setiap 76 tahun.



Saat komet yang terkenal berpacu di sekitar Matahari, tubuhnya yang berbatu hancur di bawah kepanasan bintang. Potongan-potongan yang jatuh kemudian dibiarkan melayang di jejak batuan luar angkasa.Komet Halley terakhir dapat dilihat dari Bumi pada tahun 1986 dan tidak akan terlihat lagi sampai pertengahan 2061.

Apa itu meteor?

Meteor adalah batu ruang yang jatuh ke atmosfer bumi dan saat jatuh, ia memanas. Batu itu menjadi sangat panas sehingga cahaya yang terlihat dibuat di sekitarnya. Ini sebenarnya panasnya.

Jadi, yang kita lihat sebenarnya bukanlah batu yang jatuh. Ini adalah panas yang menyala di sekitarnya, berpacu melintasi langit. Ketika banyak meteor jatuh sekaligus di tempat yang sama, pancaran panas di sekitar mereka jadi lebih cerah sehingga kita bisa melihatnya.

Saat mereka melaju melintasi langit, semua ekor panas bertemu dan menunjuk ke ruang yang sama di langit. Ini sering terlihat seperti hujan cahaya di langit. Meteor yang kita lihat memiliki sedikit atau tidak ada kesempatan mengenai Bumi.

Mereka biasanya sangat kecil, mulai dari ukuran sebutir pasir hingga batu besar. Ada banyak hujan meteor berbeda yang dinamai berdasarkan sekelompok bintang di langit tempat mereka muncul dan terjadi pada waktu yang sama setiap tahun.

  1. Quadrantids Januari
  2. Lyrids April
  3. Eta Aquarids May
  4. Perseids August
  5. Draconid Oktober
  6. Orionid Oktober
  7. Leonids November
  8. Geminid Desember
  9. Ursid Desember
close