Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Makanan Ini Bikin Asam Urat Kamu Makin Parah

Perlu Anda ketahui asam urat adalah hasil akhir dari proses pembahasan zat purin. Bila kadar asam urat dalam tubuh berlebihan, akan menyebabkan penumpukan di dalam jaringan dan membentuk kristal. Dan di dalam film ini akan menghindari masalah yang tak tertahankan dan bahkan membuat penderita kesulitan berjalan. Biasanya makanan tinggi ini akan mengandung zat purinnya.



Menurut dr. Alvin Nursalim dalam artikelnya di halaman Klikdokter mengungkapkan beberapa jenis makanan yang haram di konsumsi penuh untuk mereka yang memiliki pengetahuan tentang penyakit asam urat. Kata haram di sini hanya boleh tidak boleh, bukan haram menurut syariat agama. Inilah jenis makanan yang dikonsumsi penderita asam urat.

1.Jeroan
Salam satu jenis makanan yang menjadi patangan bagi penderita asam urat tinggi yaitu jeroan. Jeroan di sini antara lain; usus, otak, paru, jantung, empedu dan hati. Makanan jenis khusus ini sebagai teman menikmati segarnya semangkuk soto atau masakan padang. Jeroan termasuk jenis makanan yang tinggi kadar purinnya yaitu sekitar 100-1000 mg per 100 gram.

2. Kerang
Bukan rahasia lagi yaitu kerang merupakan makanan yang sangat lezat untuk pecinta masakan seafod. Namun, jika Anda memiliki riwayat penyakit asam urat, sebaiknya batasi dalam jenis makanan ini. Pasalnya dalam kerang terkandung zat purin sebesar 136 mg per gramnya.

3. Daging Merah dan Kacang Kacangan
Anda bisa berhati-hati-hati saat menyantap masakan berbahan daging merah. Pasalnya jenis makanan ini termasuk makanan yang mengandung kadar purin relatif tinggi yaitu 9 hingga 100 mg per 100 gram. Selain daging merah Anda juga dapat dimakan dalam jenis kacang-kacangan, seperti tahu dan tempe. Makanan kedua ini tergolong makanan dalam kategori kadar purin sedang.

4. Udang
Yang terkahir jenis makanan yang cocok untuk Anda dan perlu Anda hindari yaitu udang. Jenis masakan ini termasuk masakan yang tinggi kadar purinnya yaitu sekitar 234 mg per 100 gram.

Tidak bisa dipungkiri karena itu makanan yang lezat dan yang disajikan bikin kita tergoda menyantapnya. Namun, Bagi Anda yang menderita asam urat, lebih tinggi mengonsumsi makanan yang mengandung kadar rendah purinnya antara lain: ubi, nasi, jagung, singkong, susu dan juga buah-buahan.
close