Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Hal Yang Haram Dilakukan Saat Hamil Dianggap Sepele

Ketika sedang hamil, seorang wanita harus semakin memperhatikan kesehatannya. Pasalnya kesehatan ibu hamil erat kaitannya dengan kesehatan janin yang dikandungnya. Jika ibu hamil dalam keadaan sehat maka pertumbuhan dan kesehatan janin juga bisa maksimal dan tetap sehat.



Banyak cara yang bisa anda tempuh agar tetap sehat selama mengandung, salah satunya dengan melakukan gaya hidup yang sehat. Selain menerapkan gaya hidup sehat, ibu hamil juga dituntut menjauhi beberapa hal yang bisa mengganggu pertumbuhan dan kesehatan janin. Dan berikut ini beberapa yang haram dilakukan ketika sedang hamil, di antaranya:
1.Merokok
Menurut dr. Theresia Rina Yunita dalam artikel yang ditulisnya di Klikdokter mengungkapkan bahwa menurut studi yang dilakukan oleh Yang, dkk. mengungkapkan bahwa dengan wanita hamil sering terpapar asap rokok sangat berisiko bayi lahir dengan berat badan kurang, keguguran, kematian janin hingga prematur. Penelitian lain menyebutkan juga menyebutkan dengan ibu hamil sering menghirup asap rokok membuat bayi yang dikandungnya berisiko tinggi menderita penyakit jantung bawaan.

2.Minum Kafein

Nggak nyangka ternyata mengkonsumsi minuman berkafein saat hamil juga kurang baik bagi kesehatan. Meskipun terkesan sepele hal ini dapat membuat pertumbuhan janin terganggu. Menurut dr. Theresia mengkonsumsi minuman berkafein tinggi selama hamil bisa meningkatkan risiko janin gagal tumbuhm jantung tidak normal dan pertumbuhan tulang tidak maksimal. Jumlah kafein yang aman dikonsumsi seorang ibu hamil yakni kurang dari 300 mg per harinya. Jenis minuman berkafein di antaranya; kopi, teh dan juga cokelat.

3. Membersihkan kotoran kucing

Perlu anda ketahui bahwa di dalam kotoran kucing kemungkinan mengandung parasit Toxoplasma gondii. Jenis parasit ini bisa menyebabkan seorang ibu hamil mengalami keguguran. Selain itu janin lahir dengan cacat, baik fisik ataupun mental, hal ini diungkapkan oleh Dr. Yesenia, seorang obgyn dari Memorial Hermann Medical Group, dikutip dariwomantalk

4. Minum Obat tanpa resep dokter

Satu lagi hal yang haram dilakukan oleh seorang ibu hamil yakni mengkonsumsi obat tanpa resep dokter. Obat ini bisa berupa obat untuk menyembuhkan penyakit atau pun vitamin. Dr. Theresia menyarankan agar ibu hamil berhati-hati dalam mengkonsumsi obat. Pastikan obat yang dikonsumsi ibu hamil sudah direkomendasikan oleh dokter.
close