Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Puasa Meningkatkan Sistem Imun Tubuh Selama Ramadhan

Tidak dapat dipungkiri ibadah puasa adalah salah satu cara tubuh untuk melakukan restart tubuh kembali. Dengan berpuasa artinya sistem pencernaan tidak mendapatkan asupan makanan dan cairan sehingga tubuh lebih aktif dalam membakar metabolisme dan tentuya sistem imunitas tubuh juga akan meningkat ketika puasa selama ramadhan.



Menurut para dokter spesialis penyakit dalam puasa merupakan sarana bagi tubuh untuk melakukan perbaikan fungsi-fungsi fisiologi dalam tubuh saat puasa karena tubuh tidak melakukan pencernaan atau istirahat. " sebab tubuh kita mendapatkan fase istirahat termasuk usus dan perut", ungkap Profesor Iris Rengganis seperti dikutip halaman Inews.

Ia menambahkan bahwa ketika tubuh dalam fase istirahat mekanisme sel akan melakukan detoksifikasi selama proses tersebut tubuh juga akan meningkatkan sistem kebebalan tubuh atau sitem imunitas selama puasa meningkat.

Namun ada beberapa hal yang harus diketahui agar puasa dalam kondisi prima. Dengan berpuasa tubuh tetap memerlukan asupan gizi. menu makanan dan minuman saat sahur dan berbuka puasa harus tetap diperhatikan.

Makanlah buah-buahan dan sayuran untuk mendapatkan asupan berupa serat, vitamin dan mineral agar sistem pengatur tubuh anda bekerja dengan baik. kombinasikan dengan asupan karbohidrat kompleks dan protein yang cukup agar tubuh tetap memiliki cadangan energi yang cukup selama puasa.

Dengan begitu anda masih bisa beraktivitas seperti biasa hanya saja dalam segi pola makan dan minum durasinya lebih panjang. Lakukan puasa dengan  semangat agar puasa efektif dan tetap produktif dan tentuya sistem imun tubuh akan meningkat tertuama saat di tengah wabah pandemi corona tentu puasa bisa menangkal covid-19 karena sistem imun tubuh yang semakin kuat. 
close