Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cek Saldo Kompensasi Iuran BPJS Kesehatan Untuk 3 Bulan

Berdasarkan hasil putusan Mahkamah Agung yang telah membatalkan tarif kenaiakan BPJS mulai pertanggal 1 Mei 2020 Tarif BJPS akan kembali normal seperti dulu yaitu sesui dengan Perpres 82 Tahun yaitu untuk peserta BPJS kelas 1 sebesar 80ribu. untuk kelas 2 sebesar 51ribu dan untuk kelas 3 sebesar 25ribu. Tarif iuran lama tersebut berlaku mulai awal bulan depan.



Sebelumnya MA telah membatalkan Peraturan Presiden pada pasal 34 nomor 75 Tahun 2019 yang menyatakan kenaikan Iuran BPJS Kesehatan untuk kelas 1 Menjadi 160ribu, untuk kelas 2 menjadi 110ribu. dan untuk kelas 3 menjadi 42ribu.

Lalu bagaiaman mekanisme uang yang sudah dibayarkan 3 bulan lalu yang sudah naik hampir 2 kali lipat. Pihak JKN-KIS tidak akan mengembalikan iuran yang lebih selama 3 bulan dan akan dikompensasikan untuk 3 bulan berikutnya. " Iuran januari sampai maret 2020 tidak ada pengembalian namun akan diganti sebagai kompensiasi dibulan berikutnya". kata Iqbal seperti dikuitp halaman kompas.

Menurut iqbal iuran sistem sudah menghitung bahwa kelebihan iuran antara bulan januari sampai dengan bulan maret 2020 akan otomatis masuk sado bjps dan kita tinggal membayar kekurangan iuran bulan berikutnya selama 3 bulan.

Berikut contoh hasil iuran bpjs pada bulan maret yang mengalami kelebihan dan digunakan sebagai saldo unutk berikutnya. Untuk kelas 3 sendiri yang melakukan pembayaran sebesar 42000 telah memiliki saldo sebesar 16500 untuk kompensasi bulan berikutnya. Artinya pada bulan berikutnya para peserta BPJS kelas 3 tinggal membayar kekurangan saja yaitu 25000 dikurangi sebesar 16500 hasilnya peserta kelas 3 harus membayar 8500 perkepala.

Anda tinggal cek saldo saja berapa kompensasi yang akan didapatkan untuk penambahan bulan berikutnya. Berikut cara cek saldo kompensasi iuran BPJS kesehatan untuk pembayaran 3 bulan ke depan. untuk bisa cek saldo kompensasi BPJS kesehatan bisa klik Disini

1. Masuk ke halaman resmi cek BPJS kesehatan

2. Masukan nomor peserta BPJS kesehtan

3. Masukan tanggal lahir anda dengan benar

4 Masukan kode chapta dan cek status peserta BJPS anda masih aktif atau tidak.

5.Jika masih aktif anda akan mendapatkan riwayat pembayaran peserta dan jka anda peserta keals mandiri akan ada saldo lebih sebagai kompensasi pembayaran iuran BPJS bulan berikutnya.

6 Kompensasi akan berlaku unutk 3 bulan kedepan yang mengaganti kelebihan iuran sebelumnya pada bulan Januari sampai bulan Maret 2020.

7 Kompensasi Iuran BPJS kesehtan berlaku untuk 3 bulan anatara bulan Mei sampai dengan Juni 2020

8. Seteleah kompensasi berakhir maka tarif iuran BPJS akan kembali ke tarif normal


close