Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Hal Baru Yang Bikin Puasa Batal Di Tengah Pandemi Corona

Haloo guys pada kesempatan kali ini mimin akan memberikan informasi terbaru seputar hal-hal yang akan membatalkan pahala puasa kamu ini dibulan ramadhan. ya bulan ramdahan bagi umat muslim adalah sesuatu ritual keagaaman yang salah satu mewajibkan untuk melakukan puasa selama sebulan penuh atas perintah Allah Swt pada surat al baqarah ayat 183.



Puasa juga menurut islam ada aturan dan hukummnya yaitu menahan hal dari yang membatalkan puasa seperti menahan lapar, menahan minum, dan menahan nafsu dalam arti yang luas. Ketika menjalan ibadah puasa tentu kita akan mendapatkan pahala dan bukan hanya itu tubuh kita mengalami perubahan-perbuahan yang menakjukkan jika melakuan puasa baik itu spiritual atau fisik.

Namun perlu diketahui juga jika kita benar-benar menjalankan puasa dengan khusyu maka akan memberikan manfaat yang luar biasa dari segi kesehatan jasmani dan kesehatan rohani. akan tetapi bila kita hanya sekedar menahan lapar dan dahaga itulah yang membuat kita batal puasa. sama seperti puasa akan tetapi tidak puasa.

Maka dari itu anda perlu mengetahui hal-hal apa saja yang bisa membatalkan puasa dalam hal baru yang sebenarnya sudah lama namun diadaptasi dengan kondisi saat ini. inilah 5 hal-hal baru yang bisa membatalkan pahala puasa di tengah virus wabah corona.

Yang pertama adalah puasa adalah sesuatu hal yang berbagi sesama, kita akan merasakan apa yang dirasakan orang lain ketika kelaparan. tentu saja dalam hal ini adalah menahan lapar betapa masih banyak orang-orang yang hampir tidak bisa makan dalam satu hari atau bahkan lebih dari dua hari. di tengah wabah corona saat ini tentu warga miskin banyak yang kelaparan mungkin mereka menjalani puasa akan tetapi tidak puasa dan anda sebagai tetangga tidak boleh membiarkan tetangga anda kelaparan. jika anda puasa dan tetangga mendapatkan kesulitan dalam makanan atau kelaparan untuk buka dan sangat layak dibantu namun anda tidak membantu padahal mampu mungkin puasa anda batal. batal dalam arti membatalkan pahala. karena pada dasarnya puasa adalah berbagi dengan sesama muslim.

Yang kedua puasa adalah salah satunya menahan hawa nafsu. disini adalah peran terbesar tameng kita untuk menahan nafsu contohnya amarah, maksiat, dan tentunya candu terhadap teknologi seperti hp. Kebanyakan mereka on terus selama puasa mungkin saja mereka lupa karena terlalu fokus pada hp seperti buka media sosial, game atau permainan, bermaian tik tok berlebihan sampai lalai dan lupa waktu. mungkin ini juga akan membatalkan pahala anda berpuasa. tidak dilarang untuk menggunakan berbagai macam aplikasi teknolgi yang ada namun ingat jangan sampai lupa diri bahkan keluarga dan perintah wajib agama dilupakan. Percuma jika anda puasa namun shalat wajib masih bolong-bolong.


Yang ketiga adalah puasa bagi wanita muslim yang berpuasa masih ada dikalangan mereka saat ini sedang heboh eksistensi diri didepan kamera dengan berbagai aplikasi namun tidak menutup aurat bahkan ketat dengan gayanya berbuka puasa pamer sana pamer sini lalu ada juga dengan berbagai goyangan yang bisa memancing hasrat nafsu laki saat berpuasa itu bahkan menimbulkan dosa. perintah menutup aurat itu wajib bagi wanita muslim tidak diumbar dan tidak melakukan hal-hal tidak yang semestinya dilakukan wanita muslim. hal itu jelas akan membatalkan pahala puasa baik wanita tersebut juga orang lain yang melihat.

Yang keempat adalah puasa bagi kaum laki-laki tertutama jomblo. kita tidak mungkin mengatasi dan memfilter media sosial yang tidak dapat dibatasi tentu sengaja atau tidak sengaja kita kan melihat maksiat. bisa jadi hasrat libido meningkat karena tidak sengjaja kemudian karena tanggung atau mubazir anda melihat maksiat tersebut dan berlanjut sampai selesai. hal itu akan membatalkan pahala puasa anda. jangan sampai para jomblo berakhir coli dan benar benar batal puasa. ini adalah tantangan terberat bagi jomblo baik laki-laki atau perempuan pasti anda membuka hp seharian karena PSBB alias dirumah aja seharian.

Yang kelima puasa adalah melatih diri dan pengendalian diri memang dalam aturan adalah menahan ari terbit matahari sampai waktu terbenam matahari untuk bisa berbuka puasa. Nah ini makna sesungguhnya adalah pembelajaran yang kita dapat puasa harus ada bekasnya atau faedah. bagi mulsim malam hari melaksanakan ibadah tambahan sunaah atau lainnya untuk mencari pahala namun masih ada sebagian yang berpacaran ketika dimalam hari dengan dalih buka bersama. atau setelah buka puasa kita justru balas dendam dengan banyak makan, bisa juga setelah kita buka puasa malah justru terjadi pertengkaran dengan keluarga atau tetangga karena hal sepele. bahkan di era digital kali ini adalah gosip dimedia sosial saling hina dan saling bully baik untuk personal secara pribadi atau general membully kelompok tertentu itu artinya kita benar-benar kurang memahami artik makna sesungguhnya puasa.

Puasa ramadhan ditengah wabah virus corona ini semakin membuat kita panik jika tidak bisa mengontrol diri dengan segala kondisi yang kita alami dari segi status, profesi, sosial dan ekonomi kita membuat semakin sulit. momen puasa ini semoga menguatkan kita menjadi muslim yang kuat memimpin diri sendiri dan keluarga serta mendapatkan pahala terbaik disisi Allah swt.
close