Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gaji Guru Honorer Kabupaten Cirebon Naik Dari Dana BOS

Kabar gembira bagi guru honorer Kabupaten Cirebon! Pada kesempatan kali ini akan sharing seputar kenaikan gaji guru honorer atau honor khususnya di wilayah kabupaten cirebon untuk guru sekolah menengah pertama (SMP) dimana hal ini tentu berkaitan dengan kibijakan menteri pendidikan dan kebudayaan yang memperbolehkan Dana BOS boleh di ambil maksimal 50%.



Tentu kita bertanya tanya meskipun kebijakan dari pak mendikbud bahwa pihak kepala sekolah boleh mengambil keputusan mengambil gaji guru honor sampai 50% dari Dana Bos namun masih abu-abu berapa besaran gaji guru honor?


Dalam merdeka belajar pun pak Nadiem tidak memberikan rincian khusus untuk besaran gaji guru honor yang mengajar di tingkat Sekolah Dasar SD dan Sekolah Menengah Pertama SMP. Kita tahu bahwa kenaikan dana bos persiswa naik 100.000. Dan tiap sekolah pun tentu jumlah siswa dan guru berbeda-beda.


Namun jika besaran bos memang sudah final bahwa siswa setiap tingkapatan sekolah mendapatkan jatah seperti itu seharusnya gaji guru honorer pun naik dengan rincian yang jelas karena dana BOS maskimal 50% itu cukup besar.


Contoh untuk tingkat SMP saja 1.1juta persiswa jika sekolah memiliki siswa dengan jumlah total 1000 siswa maka dana BOS yang didapatkan menjadi 1,1 Milyar jelas jika 50% dari 1,1 M adalah 550 juta yang apabila di alokasikan untuk gaji guru honorer akan sangat sejahtera. bayangkan dalam satu tahun 550 juta untuk menggaji guru honorer mungkin bisa saja mencapai UMK jika benar benar maksimal dana tersebut di pakai untuk meningkatkan kesejahteraan guru honorer.


Jika memang tidak bisa mencapai UMK ya minimal setengahnya dari UMK contoh UMK kabupaten cirebon sebesar 2,1 juta jika setengahnya saja mungkin hal itu sudah membuat harapan baru bagi para guru honorer. memang cita-cita para guru honorer adalah meminta di seterakan dengan UMK Cirebon namun menurut sumber hal itu terhalang dengan APBD Cirebon yang kecil.


Sampai saat ini kabupaten cirebon juga melalui FHPTK masih memperjuankan agar guru honorer bisa di gaji setara UMK tentu masih dalam pembahasan antara pihak terkait yaitu Bupati dan Kepala Dinas penididikan dengan BKD dan linnya dan juga harus koordinasi dengan beberapa meneteri.


Berdasarkan informasi yang didapatkan baru baru ini untuk kabupaten cirebon bahwa Gaji guru Honorer mengalami kenaikan sebesar Rp 10.000/jam untuk tingakt SMP. Menurut informasi melalui MKKS yaitu musayawarah kepala sekolah sekabupaten cirebon bahwa terjadi kenaikan sebesar 10.000 .


Jika pada sebelumnya guru honorer mendapatkan gaji 25000/jam maka mulai bulan april menjadi 35000/jam artinya jika guru honorer yang semula mengajar 24 jam x 25000= 600.000 akan naik menjadi 24x35000= 840.000. itu artinya masih belum mencapai angka setengah dari UMK Kab.Cirebon apalagi guru honor mengajar dibawah 24 jam tentu honor yang diterima lebih sedikit.


Mungkin inilah kebijakan yang awal yang positif meskipun belum sesuai apa yang diharapakan para guru honorer setidaknya ini mungkin menjadi sedikit meringankan beban kesejahteraan bagi guru honorer. sebagai catatan ini belum pasti meningat penggajian untuk guru honorer 35000/jam akan berlaku pada bulan april tahun 2020.


Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi guru honorer kabupaten Cirebon dan tetap memperjuangakn hak agar semua guru honor di kabupaten cirebon bisa mendapatkan gaji sesuai dengan UMK kabupaten cirebon. aamiin


close