Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jadwal Pendaftaran Online PPG Jalur Mandiri Bulan Januari 2020

PPG atau yang secara umum dikenal sebagai pendidikan profesi guru merupakan salah satu tahap bagi seorang guru untuk mendapatkan kompetensi khusus atau keahlian bagi para calon tenaga pendidik dan non pendidik  dan tenaga pendidik  baik yang PNS atau Non PNS yang telah menempuh jalur pelatihan berdasarkan berbagai macam bidang keilmuan tertentu selama satu semester atau lebih setelah menempuh sarjana.

Jadwal prajabatan PPG jalur mandiri 2020


Melalui program PPG guru bisa memiliki profesi  yang sudah diakui oleh lembaga kementrian riset teknologi dan pendidikan tinggi. Sangat penting PPG bagi para calon tenaga pendidik yang non pns terutama bagi guru honorer yang sudah lama mengabdi sebagai tenaga pendidik yang belum diakui sebagai PNS.


Sebenarnya kalau melihat situasi dan kondisi pendidikan nasional PPG ini bertujuan untuk meningkatkan dan memajukan dunia pendidikan indonesia karena jika SDM tenaga pendidik sudah memiliki kompetensi keahlian khusus para peserta didik akan mendapatkan suatu proses pembelajaran yang optimal melalui bidangnya masing-masing.


Kita tahu kondisi pendidikan indonesia ini sangat kurang sekali terutama dalam pendidikan karakter masih ada bebarapa peserta didik yang melakukan hal yang tidak wajar kepada guru, kelulusan yang terlalu berlebihan dan masih banyak yang lainnya.


Bukan hanya itu saja nasib guru honorer juga bisa kita rasakan dimana upah honor tidak sebanding dengan pekerjaan sebagai seorang guru. Maka dari itu mungkin guru masih merupakan pahlawan tanpa tanda jasa. Iya itu curhat pengalaman mimin.


Oke Kita lanjut ke manfaat guru yang sudah lulus PPG. Selain mendapatkan sertifikat kompetensi para alumni PPG juga bisa mendapatkan tunjangan profesi guru  yang nilainya cukup besar jika sudah menjadi tenaga pendidik. Bukan hanya itu sertifikat PPG juga bisa digunakan unutk ikut guru garis depan (GGD).


Manfaat kedua yang paling ampuh bagi peserta yang lulus PPG adalah Bisa double CPNS dan langsung sertifikasi hal ini bisa  terjadi jika fresh graduate atau sarajana baru yang telah lulus PPG. Berarti setelah lulus sarjana langsung ikut PPG dan lulus maka fresh graduate ini sudah memiliki sertikifikat kompetensi.


Bila mendaftar CPNS dan lolos tahap administrasi dan seleksi kompetensi dasar lalu memiliki sertifikat keahlian maka kita bisa otomatis lolos SKB dengan nilai 100 persen. Ini karena kita sudah memliki keahlian profesi sebagai tenaga pendidik walaupun belum menjadi tenaga pendidik. Ini mungkin yang dinamakan keuntungan ganda.


Lalau kapan sih jadwal pendaftaran PPG diselenggarakan? kalau menurut mimin hampir setiap tahun kita bisa mendaftarkan diri menjadi peserta PPG namun kita juga harus tahu ada beberapa gelombang pendaftaran.


kalau menurut mimin bagi yang sudah mengajar sebagai tenaga pendidik non pns atau pns mungkin bisa melalui jalur undangan dan tentunya kita harus terlebih dahulu mengikuti tes uji kompetensi guru atau UKG terlebih dahulu.


Namun tidak perlu khawatir bagi lulusan fresh graduate bisa mendaftarkan diri melalui SM3T terlebih dahulu selama minimal satu tahun dan sebagai gantinya para lulusan SM3T ini akan mengikuti PPG secara gratis karena semuanya ditanggung oleh Pemerintah.


Nah masih ada satu lagi jalur mandiri yang bisa kita ikuti dengan mendaftar di masing masing LPTK dimana jalur ini tentnuya mandiri dan semua biaya yang kita keluarkan untuk mengkikuti PPG awal sampai akhir ya menggunakan dana sendiri seutuhnya jika lulus PPG.


Kapan jadwal PPG jalur mandiri diadakan tergantung dari masing masing LPTK namun biasnya dari kementrian riset dan teknologi akan memberikan informasi terlebih dahulu kepada LPTK untuk Kuota PPG dan bidang keahlian yang akan di berikan dalam hal kuota peserta PPG.


Mimin mendapatkan informasi bahwa dari Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi kuota nasional penerimaan mahasiswa baru program pendidikan profesi guru prajabatan 2019 sudah menyiapak kuoata masing masing dari LPTK akhir bulan agustus.


Dan kemungkinan untuk pendaftaran PPG jalur mandiri akan dibuka mulai bulan september sampai mungkin awal oktober ada pun penyelengara tahun LPTK tahun ini 63 LPTK dan kuata keseluruhan sebesar 12.225. terbagi mnejadi beberapa bidang studi keahlian dari PJKR, Metematika, Akuntasi dan keuangan, Ekonomi, PGSD, Bahasa Inggris, TIK, Teknik Otomotif, Agribisnis Tanaman Pangan dan Holticultura, PKN, Sejarah, dan BK.


Bagi para calon peserta PPG yang ingin mengikuti jalur mandiri sebaiknya segera mengumpulkan dan melengkapi persayaratan administrasi PPG dan terus update infromasi pendaftaran PPG bila perlu bisa menghubungi LPTK Penyelenggar PPG untuk lebih detail.


Langusng saja untuk masa pendaftaran PPG Pra Jabatanam tahun 2020 melalui direktorat jendral pembelajaran dan kemahasiswaan KEMDIKBUD untuk jalur mandiri pendaftaran akan dimulai pada tanggal 2 Januari sampai dengan 30 januari 2020.


Jadwal seleksi administrasi  PPGsendiri akan dimulai pada tanggal 15 januari sampai dengan tanggal 31 januari 2020 dan untuk pengumuman hasil seleksi administrasi para peserta calon PPG bisa melihatnya pada tanggal bulan ke dua februari tepatnya tanggal 4.


Jadwal kegiatan seleksi akademik PPG ,minat dan bakat kepribadian dan panggilan jiwa berlangsung pada tanggal 8 februari sampai dengan tanggal 9 februari artinya seleksi akademik tersebut berlangsung selama 2 hari.


Sedangakn untuk jadwal pengumunan hasil seleksi akademik, bakat, minat, kepribadian dan panggilan jiwa tepat satu minggu setelah seleksi akademik yaitu pada tanggal 14 februari tahun 2020.

Setelah itu jika sudah masuk seleksi para calon peserta PGG bisa melakukan registrasi online akan berlangsung pada tanggal 17 februari sampai dengan 18 februari dan segera melakukan lapor diri pada tanggal 20 sampai 22 februari.


Biasanya masa orienatsi atau pengenalan studi akan dimulai setelahnya yait berlasnugn selama 3hari anatara tanggal 24 ferbuari sampai dengan 26 feberuari. dan setelah itu peserta PGG bisa langsung proses belajar mengajar pada tanggal 27 februari.


untuk jalur mandiri bidang studi PGG 2020 ini jurusan yang bisa mengikuti PPG jalur mandiri ada 13 jurusan atau diantaranya. Pendidikan guru sd, bimbingan dan konseling, pendidikan kewarganegaraan, pendidikan jasmnasi, kesehatan dan rekreasi, bahasa inggris, matematika, ekonomi, matematika, sejarah, akuntanasi dan keuangan, teknologi informasi dan keuangan, teknik otomotif, perhotelan dan jasa pariwisata, agribisnis tanaman pangan dan holtikultura.


Persayratan jadwal PGG jalur mandiri tahun 2020 prajabatan sebagai berikut.
Lulusan S1 atau Diploma4 yang terkakreditasi minimal B
memiliki indeks prestasi kumulatif sekurang kurangnya 3,00
berusia maksimal 34 tahun dihitung pada tanggal 31 desember tahun pendaftaran.
program studi linier dengan bidang pada program PPG sesuai dengan surat direktur pembelajaran dijten kemenrisetdikti.
calon peserta PPG terdaftar di pangkalan data PDDDIKTI
sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter rumah sakit atau pemerintah.puskesmas.
Berkelakuan baik yang di buktikan dengan surat keterangan dari kepolisian.


Biaya pendaftaraan PPG jalur mandiri 2020 bisa melalui virtual akun di BNI atau BTN atau Mandiri yang di peroleh pada saat pendaftaran memalui halaman http://pendaftaran.ppg.risetdikti.go.id  secara online paling lamabat sampai dengan 30 januari 2020.

close