Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Simulasi UNBK 2020 Ada Soal Essay Sampe Nunggu 2 Jam

Tidak terasa waktu begitu singkat dunia pendidikan kini sudah mulai lagi mengadakan simulasi unbk 2019 2020 tahap 1. ya meski kali ini hanya simulasi 1 yang mempunyai dua periode dan kebelutan minggu ini simulasi sudah selesai untuk smp khusus saya sebagai proktor. ada beberapa perbedaan untuk simulasi unbk 1 satu dimana ada soal essay atau sola uraian meski hanya satu soal dan harus nunggu 2 jam untuk selesai.

simulasi unbk 2019 2020


pada simulasi kali ini memang juga terdapat pambaharuan dimana waktu 2 jam yang benar benar akan dimaksimalkan siswa untuk mengerjakan soal unbk. saya juga tidak tahu kenapa siswa harus mengerjakan soal tersebut dengan batas maksimal.

sebagai dampak dari adanya pembaharuan dalam durasi waktu simulasi 1 unbk ini akhirnya proktor sedikit kesulitan untuk mengatasi siswa yang terlambat datang untuk mengerjakan simulasi. mau tidak mau yang terlambat juga proktor harus menunggu selama dua jam berikutnya sampai siswa yang terlambat selesai.

lebih rinci lagi dimana siswa tidak bisa menyelesaikan ujian ketika semua soal sudah kerjakan dan tombol selesai tersebut tidak bisa di tekan selesai karena ada durasi waktu yang tersisa. untuk bisa selesai simulasi 1 unbk siswa harus menunggu durasi waktu tersebut habis baru bisa menyelasikan ujian.

namun bukan hanya itu saja siswa juga harus mengerjakan soal essay unbk ya meskipun pada kenyataanya hanya ada satu soal. namun soal essay ini tergolong penting sebab jika siswa tidak mengerjakan soal essay unbk atau sola uraian unbk maka pada kolom status siswa di server tidak akan selesai.

kalau menurut analisis saya sebagai proktor ini kurang bagus sih bukan hanya di server saja statusnya tidak selesai akibatnya siswa yang tidak mengerjakan soal essay unbk ini tidak bisa melihat hasil simulasi ujian. 

jadi jika ingin tahu hasil ujian siswa dalam menyelesaikan soal unbk maka sisawa harus mengerjakan soal pilihan ganda dan essay setelah iyu baru bisa melihat hasil ujian. ya mungkin ini saja yang harus di antisipasi para proktor.

kalau menurut saya ini mungkin pembaharuan yang lebih ditekankan pada kedisiplinan agar semua lebih tepat sasaran dan tepat waktu terutama untuk sekolah yang mengadakan simulasi unbk dengan 3 sesi.
close